R. I. N. D. U

[Tulisan ini 89% berisi curhatan, mending pikir-pikir dulu sebelum lanjut baca, waktu terbuang jangan salahin saya ya hehe]

Apa yang terlintas ketika mendengar kata rindu?

Kalau menurut KBBI rindu merupakan keadaan “sangat ingin dan berharap benar terhadap sesuatu” atau “memiliki keinginan yang kuat untuk bertemu”.

Kurang lebih 16,5 tahun tinggal bersama orang tua, tiba-tiba memutuskan untuk merantau ke kota seberang yang jauh dari keluarga sudah pasti akan sering dihinggapi perasaan rindu, apalagi ketika tahun-tahun awal lalu. Saya jadi bersyukur, karena jadi tau bagaimana rindu. Beda sama jaman SMA dulu, yang rasa-rasanya jarang sekali merindu.

Rindu itu bukan tentang seberapa lama tidak bertemu. Karena ketika pulang ke rumah dan tiba saatnya harus kembali lagi ke tanah rantau, rindu itu sudah hadir walau raga belum kembali. Kan sebel ya jadinya. Kan jadi mager ke rantauan lagi, kan jadi mager cari tiket pulang, kan jadi mager packing barang bawaan, maunya di rumah aja gitu. Eh tapi akhirnya bapak yang mengupayakan cari tiket, terus ibuk yang cerewet minta segera berkemas, *wkwk ini bukan ngusir kan yha?. Tapi karena perasaan rindu yang muncul lebih cepat, saya jadi bisa menyiapkan untuk mengobati rindu sejak dirumah, yaitu dengan membawa suasana rumah ke tanah rantau. Misalnya, kebiasaan bapak  minum teh di pagi hari, maka saya akan membawa teh dan gula yang biasa diminum dirumah, atau kebiasaan ibu  yang mencuci dengan detergen tertentu, maka saya akan membawa detergen yang sama juga, jadi wangi baju yang dicuci antara di rumah dan di tanah rantau sama, pasta gigi pun saya bawa sama seperti yang di rumah, sampai mie instan yang biasa distok dirumah, saya akan membawa dengan rasa yang sama (bukan rasa yang dulu pernah ada kok). *eh tapi ini membawa suasana apa ngerampok ya hehe hehe. Selain merampok membawa suasana, cara mengobati rindu ketika di tanah rantau tentu saja dengan menelfon orang tua, apalagi kalau awal bulan dan orang tua tak kunjung menelfon, waduh, risau. Duit habis pak. Kan maunya ditanya duluan, duitnya masih ada gak mbak, gitu..

Tapi serius, ada cara ampuh untuk mengobati rindu. Do’a sama Allah, curhat aja gitu kalo lagi rindu. Karena doa dapat mengikat hati-hati yang merindu, eaa~

Ada kalanya melepas rindu tak seindah ekspektasi yang dibayangkan, makanya jangan berekspektasi terlalu tinggi tentang rindu. Biasa saja. Misalnya ketika adik tiba-tiba menelfon dan bertanya kapan pulang “ehem kangen ya tanya-tanya kapan pulang” tapi ternyata ketika bertemu tetep aja berantem meributkan hal-hal kecil *Eh tapi kalo ga berantem ga seru sih hehe, ujung-ujungnya kalo udah kesal adik bakal bilang “mbak kapan pulang ke Bogornya mbak? Sana mbak ke Bogor aja mbak” kalo ini fix ngusir -_- yaa gitulah, kalo jauh sok-sokan rindu, tapi ketika sudah dekat sok-sokan ngga rindu.

Ada lagi jenis rindu yang lain. Rindu yang bikin candu, rindu jenis ini ketika sudah terobati dengan bertemu tidak lantas rindu akan pergi begitu saja, bisa jadi rindu yang lebih besar justru akan muncul. Makanya, terkadang menyimpan rindu itu lebih baik daripada memaksa bertemu. Apalagi rindu bertemu dia, *jangan tanya dianya siapa, saya juga dak tau* duh, jangan dulu lah, jangan dipaksa bertemu, tahan aja rindunya sampe nanti. Iya nanti, kalo udah jelas statusnya. Status dia rindu juga apa nggak sama kita, kalo nggak kan capek ya nanti rindu sebelah. Haha. udahlah.

Nyesel ndak baca sampe akhir? Hehe

 

Advertisements

12 thoughts on “R. I. N. D. U

  1. Btw, saya penasaran, Salma di dunia nyata dengan dunia blog sama gak sih konyolnya, wkwk.. Habis setelah saya ingat2, hampir semua tulisan Salma ada unsur kekonyolan.. Sisanya baru tulisan puitis..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s